Tupoksi

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN STRUKTUR ORGANISAI

KECAMATAN PLERED

  • Tugas dan Fungsi
  • Camat adalah pimpinan Kecamatan yang bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
  • Camat mempunyai tugas pokok mengelola penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kehidupan kemasyarakatan  dalam wilayah kerja kecamatan.
  • Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Camat mempunyai tugas:
  1. menyelenggarakan Urusan Pemerintahan umum;
  2. mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  3. mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
  4. mengoordinasikan penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati;
  5. mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
  6. mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di tingkat Kecamatan;
  7. membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan desa dan/atau kelurahan;
  8. melaksanakan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten yang ada di kecamatan; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh peraturan perundang-undangan.
  • Selain melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud ayat (3), Camat melaksanakan tugas yang dilimpahkan oleh Bupati untuk melaksanakan sebagian Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah Kabupaten.
  1. Sekretariat Kecamatan
  • Sekretariat Kecamatan mempunyai fungsi :
  1. perumusan dan penyusunan rencana kerja/program kesekretariatan;
  2. penyusunan rencana strategis (renstra) dan rencana kerja (renja) Kecamatan;
  3. pengelolaan administrasi keuangan Kecamatan;
  4. pengelolaan dan pengendalian urusan administrasi umum, ketatausahaan, kepegawaian Kecamatan;
  5. pengelolaan, pemeliharaan dan pencatatan perlengkapan, sarana dan Aset Kecamatan;
  6. pembinaan dan pengembangan pegawai Kecamatan;
  7. penyusunan laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kecamatan;
  8. pengelolaan dan pengendalian data informasi dan layanan publik Kecamatan;
  9. pengelolaan website Kecamatan;
  10. penyusunan standar operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan (SP) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kecamatan;
  11. pengelolaan hubungan masyarakat dan keprotokolan Kecamatan;
  12. penggoordinasian penyusunan kebijakan dan pelaksanaan tugas Kecamatan;
  13. pemantauan, monitoring dan evaluasi serta pelaporan pelaksanaan kegiatan Kecamatan; dan
  14. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat, sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Sekretariat Kecamatan dipimpin oleh seorang Sekretaris adalah unsur staf yang langsung berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.
  • Sekretaris Kecamatan mempunyai tugas pokok mengelola urusan kesekretariatan yang meliputi perencanaan, administrasi umum, kepegawaian, keuangan Kecamatan.

Sekretariat Kecamatan memiliki unsur staf Sub Bagian Umum dan Sub Bagian Keuangan dengan fungsi sebagai berikut :

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  • Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :
  1. penyusunan perencanaan program Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  2. pengoordinasian pelaksanaan kegiatan administrasi umum dan ketatalaksanaan Kecamatan;
  3. pengelolaan administrasi kepegawaian dan kearsipan Kecamatan;
  4. pengelolaan kehumasan dan keprotokolan Kecamatan;
  5. pengelolaan dan pemeliharaan perlengkapan/ aset, sarana dan rumah tangga Kecamatan;
  6. penyusunan laporan aset kecamatan;
  7. pelaksanaan pengadaan barang dan jasa Kecamatan;
  8. pelaksanaan hubungan masyarakat dan keprotokolan kecamatan;
  9. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian; dan
  10. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(2)   Subbagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh Kepala Subbagian adalah unsur staf yang langsung berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

(3)   Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok melaksanakan kegiatan  administrasi  meliputi  urusan umum, kepegawaian, keuangan,  perlengkapan, hubungan masyarakat dan keprotokolan Kecamatan.

  1. Sub Bagian Program dan Keuangan.
    • Subbagian Program dan Keuangan mempunyai fungsi:
  2. penyusunan perencanaan program Kecamatan dan rencana program kegiatan Subbagian Program dan Keuangan;
  3. penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Kecamatan;
  4. penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Kecamatan;
  5. penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Publik (SPP), dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kecamatan;
  6. penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP);
  7. penyusunan profil kecamatan;
  8. pengelolaan data informasi hasil kegiatan kecamatan;
  9. pengelolaan sistem informasi/ Web Site Kecamatan;
  10. pelaksanaan verifikasi SPP;
  11. penyiapan Surat Perintah Membayar;
  12. pelaksanaan verifikasi harian atas penerimaan;
  13. pelaksanaan akuntansi keuangan Kecamatan;
  14. penyusunan laporan keuangan Kecamatan;
  15. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Kecamatan; dan
  16. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(2)    Subbagian Program dan Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian adalah unsur staf yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

(3)    Kepala Subbagian Program dan Keuangan  mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan perencanaan, evaluasi, pelaporan dan penatausahaan keuangan Program dan Kegiatan kecamatan.

  1. Seksi Pemerintahan
  • Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi:
  1. penyusunan rencana dan program kerja Seksi Pemerintahan, sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. penyusunan perencanaan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  3. pelaksanaan evaluasi bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  4. pembinaan dan pengawasan terhadap perangkat desa dan/atau kelurahan serta penyelenggaraan pemerintahan desa/ dan kelurahan
  5. pelaksanaan bimbingan, supervisi, fasilitasi, dan konsultasi administrasi pemerintahan;
  6. fasilitasi pemilihan Kuwu dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD);
  7. penyusunan dan pengolahan data pemerintahan Kecamatan;
  8. pelaksanaan kegiatan administrasi pemerintahan;
  9. fasilitasi penyelenggaraan pemilihan umum;
  10. pelaksanaan administrasi bidang pertanahan;
  11. pelaksanaan administrasi pelaporan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB);
  12. fasilitasi rancangan Peraturan Desa dan rancangan Peraturan Kuwu;
  13. penyelenggaraan pengawasan umum terhadap pelaksanaan APBDes;
  14. pemantauan pelaksanaan pemerintahan tingkat desa/kelurahan di wilayah kerja kecamatan;
  15. pelaksanaan pelaporan tugas/ kegiatan Seksi Pemerintahan, sesuai ketentuan yang berlaku; dan
  16. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat, sesuai bidang tugasnya.
  • Seksi Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi adalah unsur pelaksana yang langsung berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris Kecamatan.
  • Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai tugas pokok melaksanakan kegiatan urusan pemerintahan dan pembinaan pemerintahan desa dan kelurahan.
  1. Seksi Ketentraman dan Ketertiban
  • Seksi Ketenteraman dan Ketertiban mempunyai fungsi:
  1. penyusunan rencana dan program kerja Seksi Ketenteraman dan Ketertiban;
  2. penyusunan perencanaan kegiatan ketenteraman dan ketertiban umum di Kecamatan;
  3. pelaksanaan koordinasi ketenteraman dan ketertiban umum masyarakat di wilayah kecamatan;
  4. pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang ketenteraman dan ketertiban di wilayah kecamatan;
  5. penyusunan dan pengolahan data bidang ketenteraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat;
  6. pembinaan bidang ketenteraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat;
  7. pelaksanaan koordinasi terhadap penegakkan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati di Kecamatan;
  8. pengawasan dan pembinaan terhadap kegiatan keramaian, pemanfaatan bidang pertambangan dan energi serta kepariwisataa di wilayah  kecamatan;
  9. Perumusan perencanaan bahan kebijakan penanggulangan bencana alam, kerusuhan sosial dan konflik etnis;
  10. pelaksanaan koordinasi kegiatan dan pembinaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara;
  11. pelaksanaan pembinaan, pengawasan administrasi rekomendasi masalah perizinan, sesuai ketentuan yang berlaku;
  12. pelaksanaan pelaporan tugas/ kegiatan, sesuai ketentuan yang berlaku; dan
  13. pelaksanaan tugas kedinasan lain, yang diberikan oleh Camat, sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Seksi Ketenteraman dan Ketertiban dipimpin oleh seorang Kepala Seksi adalah unsur pelaksana yang langsung berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui sekretaris kecamatan.
  • Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban mempunyai tugas pokok melakukan pembinaan ketenteraman dan ketertiban di wilayah kecamatan.
  1. Seksi Ekonomi dan Pembangunan
  • Seksi Ekonomi dan Pembangunan mempunyai fungsi:
  1. penyusunan rencana kerja dan program kegiatan seksi ekonomi dan pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. pelaksanaan koordinasi pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  3. pelaksanaan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang ekonomi dan pembangunan di tingkat kecamatan;
  4. pembinaan partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di desa/kelurahan dan kecamatan;
  5. pengelolaan data/ situasi/kondisi bidang ekonomi dan pembangunan di kecamatan sesuai ketentuan yang berlaku;
  6. pelaksanaan fasilitasi pemberdayaan masyarakat desa;
  7. pelaksanaan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) tahunan  di kecamatan;
  8. pelaksanaan konsultasi vertikal  dengan satuan kerja yang ada di tingkat kabupaten dan koordinasi horisontal terutama dengan Kepala  UPT dan satuan kerja lainnya,  dalam rangka usulan dan pelaksanaaan kegiatan ekonomi dan pembangunan di kecamatan;
  9. pelaksanaan latihan keterampilan bagi masyarakat tingkat kecamatan dan desa/kelurahan;
  10. pelaksanaan pendataan sumber daya dan potensi pembangunan tingkat desa;
  11. pelaksanaan bimbingan teknis dan pembinaan program pembangunan desa, teknologi tepat guna, lembaga-lembaga/ organisasi masyarakat pelaku pembangunan di tingkat desa dan kelompok masyarakat yang mengelola usaha ekonomi, perkreditan maupun usaha produksi;
  12. pengoordinasian data bidang pekerjaan umum dan bidang budaya dan pariwisata tingkat kecamatan;
  13. pelaksanaan pemantauan kegiatan ekonomi dan pelaksanaan pembangunan di tingkat kecamatan;
  14. pelaksanaaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas/ kegiatan Seksi Ekonomi dan Pembangunan, sesuai ketentuan yang berlaku;
  15. pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang ekonomi dan pembangunan di tingkat kecamatan;
  16. pelaksanaan pelaporan tugas/ kegiatan, sesuai ketentuan yang berlaku; dan
  17. pelaksanaan tugas kedinasan lain, yang diberikan oleh Camat, sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Seksi Ekonomi dan Pembangunan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi adalah unsur pelaksana yang langsung berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui sekretaris kecamatan.
  • Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan mempunyai tugas pokok melakukan kegiatan bidang ekonomi dan pembangunan tingkat kecamatan.
  1. Seksi Kesejahteraan Rakyat

(1)    Seksi Kesejahteraan Rakyat mempunyai fungsi:

  1. penyiapan dan penyusunan rencana dan program kerja kerja Seksi Kesejahteraan Rakyat,  sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. pelaksanaan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang kesejahteraan rakyat kecamatan;
  3. pelaksanaan pengumpulan dan pengolahan data kesejahteraan rakyat dan data kesejahteraan sosial masyarakat yang meliputi data pendidikan, agama, kemiskinan, kesehatan, dan data kesejahteraan sosial lainnya  di kecamatan;
  4. pelaksanaan profil data peta situasi/kondisi kesejahteraan sosial di kecamatan, sesuai ketentuan yang berlaku;
  5. pembinaan terhadap pemberdayaan kesejahteraan keluarga di tingkat kecamatan, desa dan/atau kelurahan;
  6. pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan peningkatan kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat;
  7. penyiapan bahan koordinasi penyelenggaraan tugas-tugas pemeliharaan kesehatan masyarakat, penyuluhan kesehatan, lingkungan, pengawasan pangan, gizi keluarga dan masyarakat, keluarga berencana, pendidikan, olah raga, pemuda dan pemberdayaan perempuan;
  8. penyiapan bahan koordinasi dan pembinaan di bidang pariwisata, kebudayaan, dan agama;
  9. penyiapan bahan koordinasi vertikal dan horizontal, dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas bidang kesejahteraan rakyat;
  10. pelaksanaan pembinaan dan fasilitasi pelayanan di bidang ketenagakerjaan;
  11. pelaksanaan pemantauan tingkat kesejahteraan sosial masyarakat di tingkat kecamatan;
  12. pelaksanaan penyiapan evaluasi dan pelaporan, pelaksanaan tugas/ kegiatan Seksi Kesejahteraan Rakyat, sesuai ketentuan yang berlaku; dan m. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat,   sesuai tugas dan fungsinya.
    • Seksi Kesejahteraan Rakyat dipimpin oleh seorang Kepala Seksi adalah unsur pelaksana yang langsung berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat Camat melalui sekretaris kecamatan.
    • Seksi Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas pokok melakukan kegiatan kesejahteraan rakyat tingkat Kecamatan.
  13. Seksi Pelayanan Umum
  • Seksi Pelayanan Umum mempunyai fungsi :
  1. penyusunan perencanaan kegiatan pendapatan dan pelayanan umum kepada masyarakat di kecamatan;
  2. pelaksanaan urusan pelayanan umum di tingkat kecamatan;
  3. pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang pelayanan umum di tingkat kecamatan;
  4. pelaksanaan tugas lain, yang diberikan oleh Camat, sesuai dengan tugas dan fungsinya;
  5. pelaksanaan menyiapkan rencana dan program kerja Seksi Pelayanan Umum, sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  6. pelaksanaan penghimpunan dan pengolahan data pelayanan umum di kecamatan;
  7. pelaksanaan pengolahan data situasi pelayanan umum di kecamatan, sesuai ketentuan yang berlaku;
  8. penyusunan program dan pembinaan pelayanan kependudukan dan catatan sipil;
  9. penyiapan bahan koordinasi vertikal dan horizontal dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas pelayanan umum;
  10. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas/ kegiatan seksi, sesuai ketentuan yang berlaku; dan
  11. pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat, sesuai bidang tugasnya.
  • Seksi Pelayanan Umum dipimpin oleh seorang Kepala Seksi adalah unsur pelaksana yang langsung berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui sekretaris kecamatan.

Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas pokok melaksanakan kegiatan pelayanan umum pokok tingkat Kecamatan.